twitter
rss

Selamat Datang di website kami
-------------------------------------------------------------------------------
"pendidikan bisa dimana saja, apa saja dan kapan saja, karena semua orang adalah guru dan semua tempat adalah sekolah!

“Fikirkan hal-hal yang paling hebat,Dan engkau akan menjadi terhebat.
Tetapkan akal pada hal tertinggi, Dan engkau akan mencapai yang tertinggi.”

"seseorang yang dipersanjatai dengan Informasi akan selalu memenangkan pertempuran"

"setiap orang bisa belajar, hanya saja tidak pada hari yang sama atau dengan cara yang sama"
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Medan-Pagi yang cerah dengan sinaran matahari yang cukup menyengat kulit. Hari ini adalah tanggal 26 Maret 2011. Hari yang ditetapkan agar kami melakukan kegiatan study tour untuk kedua kalinya. Seperti kegiatan sebelumnya yang juga diikuti oleh banyak anak, hari inipun banyak sekali anak-anak yang sangat antusias mengikuti kegiatan menyenangkan ini. Kunjungan ke museum budaya yang letaknya dijalan HM Joni. Sekitar 30an anak mengikuti kegiatan ini didampingi dengan orangtuanya juga.

Pada dasarnya tujuan kegiatan kali ini tidak jauh berbeda dengan tujuan kunjung pustaka beberapa minggu yang lalu. Kegiatan ini bertujuan untuk membuat wawasan anak-anak menjadi semakin luas. Mereka akan mendapatkan pemahaman yang semakin mendalam tentang sejarah serta kebudayaan yang bangsa kita tercinta yaitu Indonesia pernah miliki.

Dengan melihat langsung peninggalan serta peralatan-peralatan yang memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi, diharapkan bisa mempermudah anak-anak memahami pelajaran-pelajaran yang dapat dijadikan dasar untuk menjalani kehidupan kedepan. Bukankah pengalaman masa lalu akan sangat manjur untuk dijadikan pelajaran dan acuan untuk kehidupan mendatang ?

Berikut cuplikan wawancara kami dengan Bapak Khairil-orang tua dari seorang anak- yang ikut terlibat dalam kegiatan kali ini.

Tim         : Gimana sih menurut Bapak atas kegiatan study tour kedua kita yang dilakukan di museum budaya kali ini ?

Bpk Khairil           : Anak anak begitu antusias dan juga akan menambah pengetahuan akan budaya bangsa serta memberika pencerahan agar anak-anak bisa mengenal budaya bangsa sendiri. Karena selama ini banyak anak yang sudah lupa budayanya dan tidak memahami budayanya sendiri. Setelah melakukan kegiatan ini anak-anak juga bisa memahami asal muasal manusia. Apalagi ada pendapat bahwa manusia itu berasal dari monyet. Itu merupakan alasan yang kurang masuk akal mengingat kromosom manusia jelas berbeda dengan kromosom hewan dan di Al-Quran juga jelas bahwa manusia berasal dari saripati bukan dari monyet. Itu merupakan teori Darwin yang sebenarnya sah-sah saja tapi ya semua kembali kepada kita. Yang jelas di dalam Al-Quran sudah dijelaskan asal muasal manusia.

Tim         : Lalu bagaimana manfaat yang menurut Bapak akan kita dapatkan oleh kegiatan ini ?

Bpk Khairil           : Museum itu merupakan sarana untuk anak-anak bisa mengenal sejarah-sejarah terdahulu. Bagaimana awal-awal mereka melakukan aktivitas tanpa adanya tekhnologi yang seperti sekarang ini. Yang dapat kita lihat lagi adalah kebersamaan anak-anak yang sangat terasa dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini. Saat proses pengenalan dengan hal-hal dimuseum ini kemudian setelah adanya penjelasan dari pihak terkait, maka merekapun jadi merasa memiliki wawasan yang jauh lebih banyak dari sebelumnya. Dan juga menambah motivasi akan pembelajaran mereka.

Tim         : Yang terakhir, apa saja saran, masukan, atau kritikan yang membangun yang bisa Bapak berikan kepada kami ?

Bpk Khairil           : Disetiap pekerjaan yang kita lakukan pastilah ada kekurangan serta kelebihan, namun ya kalau bisa setiap kegiatan harus selalu menghadirkan mereka, agar mereka mendapatkan keilmuan yang sama rata. Dan juga pengawalan dari orang tua masing-masing. Jangan semata-mata hanya duduk saja sedangkan para tentor jadi memiliki pekerjaan yang berlipat ganda karena disamping harus memberi pengarahan juga harus mengawal anak-anak. Harusnya orang tua harus lebih proaktif atas acara-acara yang dilakukan oleh tim HomeSchooling.

Demikian yang dapat kami sampaikan dan kami bagikan yaitu tentang pengalaman Study Tour kedua ini yaitu kunjungan ke museum budaya. Semoga dapat diambil hikmah serta manfaatnya. Terimakasiiiih ~ . Posting by : Desiana

Berikut hasil jepretan kami...cekiidottt!!

1. Photo Bareng sebelum Keberangkatan....#Cisssss#







2. Pengarah menjelaskan koleksi benda2 didalam Museum
3. Peserta tetap serius mendengarkan penjelasan... (-_-!)
4. Anak-anak masih serius juga untuk mendengarkan.  (-_-!!)




5. Pembimbing berinteraktif dengan peserta... #udah paham smua nih kaya`nya#

6. Peserta serius melihat salah satu artefak sejarah.  #kok ga mirip ya..he2#

7. Penulis juga bingung, sebenarnya mereka lagi megang benda apa??? 

8. Pak...ini namanya arca.  #^%$@^&@^^^*&#

9. Peserta melihat hewan-hewan yang sudah diawetkan.

10. Pembimbing memberikan arahan. #pesertanya masih ada yg ketinggalan ga` ya#

11. Melihat hewan-hewan yang diawetkan. 

12. Anak-anak menulis. 

12. Nih bocah serius amat yah...

13. tulis aja ya..pokoknya pasti ada manfaatnya.

14. Nulis apa sih...pasti yang bermanfaatkan.

15. Hei...nulisnya yang kreatif ya.

16. Kacanya jangan terlalu ditekan ya, ntar pecah lho!!

17. banyak ilmu yang bermanfaat. so, wajib ditulis donkk...

18. Menulis dan menuliss.

19. Tulis lagi ah...

20. habis belajar dan berpetualang dimuseum, sekarang saatnya makannnn.

Bagikan

0 komentar:

Posting Komentar

Belajar memahami sesuatu

Foto saya
Semua hal didunia ini diciptakan dengan ilmu

Total Tayangan Halaman

Pengunjung ke:

Categories

free counters