twitter
rss

Selamat Datang di website kami
-------------------------------------------------------------------------------
"pendidikan bisa dimana saja, apa saja dan kapan saja, karena semua orang adalah guru dan semua tempat adalah sekolah!

“Fikirkan hal-hal yang paling hebat,Dan engkau akan menjadi terhebat.
Tetapkan akal pada hal tertinggi, Dan engkau akan mencapai yang tertinggi.”

"seseorang yang dipersanjatai dengan Informasi akan selalu memenangkan pertempuran"

"setiap orang bisa belajar, hanya saja tidak pada hari yang sama atau dengan cara yang sama"
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Homeschooling merupakan salah satu alternatif pendidikan yang proses belajar mengajarnya tidak dilakukan di sekolah formal seperti SD, SMP ataupun SMA. Jadi, kegiatan belajar mengajar homeschooling bisa dilakukan dimana saja ; di rumah, di lapangan, di jalan ataupun di tempat-tempat lain. Karena tidak dilaksanakan di sekolah, kita tidak perlu repot-repot membayar uang gedung sekolah, membayar SPP bulanan, membuat seragam sekolah dan biaya2 pendidikan lain yang harus kita penuhi saat belajar di sekolah. Walaupun belajar di rumah atau tempat2 lain selain disekolah, homeschooling tetap ada kurikulumnya..kurang lebih sama dengan kurikulum sekolah formal. Bedanya jika di sekolah, kurikulum dijabarkan menjadi materi2 pelajaran yang disampaikan dalam beberapa tahapan kelas yakni sekolah SD ada 6 kelas dan sekolah SMP dan SMA ada 3 kelas. sedangkan di homeschooling kurikulum dapat disampaikan sesuai dengan kecepatan anak dalam belajar. jadi, sangat mungkin terjadi kurikulum setingkat SD yang sewajarya di sekolah disampaikan dalam 6 tahun menjadi kurang dari itu atau klo diperlukan bisa juga lebih dari cepat itu.

Selain itu materi yang disampaikan di homeschooling bisa langsung disesuaikan dengan bakat, minat dan kemauan sianak misalnya ada anak yang berbakat atau berminat dengan olahraga, bernyanyi, mempelajari bahasa asing, tekhnologi atau yang lainnya, maka idak perlu repot2 belajar kimia atau fisika atau setidak2nya tidak perlu sedalam materi fisika atau kimia di SMA.

Alat peraga dan penerapan ilmu dalam proses belajar mengajar homeschooling dapat memanfaatkan bahan2 atau benda2 di sekitar lingkungan belajar atau dapat juga dibuat sendiri sesuai dengan daya dana pendidikan yang tersedia.

Trus, siapa yang dapat mengajarkan Homeschooling?

Siapapun yang dapat mentransfer materi homeschooling dapat mengajarkannya. dalam jenjang pendidikan dasar di homeschooling ini, justru peran orang-tualah yang paling menonjol. Orang tua lebih berperan aktif dalam proses pendidikan. dibandingkan jika anak harus menghabiskan waktu berjam-jam di sekolah sehingga waktu untuk berinteraksi dengan orang tua lebih terbatas. Para orang tua mengajarkan langsung materi homeschooling kepada anak2 mereka. dan tentu saja orang tua dapat menggabungkan materi homeschooling dengan materi2 lain yang mereka anggap perlu sebagai bekal anak2 mereka di masa yang akan datang. mereka juga bisa mengontrol secara langsung perkembangan anak mereka. bakat dan minat anak mereka juga dapat mereka ketahui secara langsung sehingga relatif lebih mudah untuk dikembangkan. (AJ>PM)

Bagikan

0 komentar:

Posting Komentar

Belajar memahami sesuatu

Foto saya
Semua hal didunia ini diciptakan dengan ilmu

Total Tayangan Halaman

Pengunjung ke:

Categories

free counters